Profil Sekolah


A. Konsep

Setelah melalui masa kanak-kanak yang ditandai tahap perkembangan tamyiz pada usia 7-10 tahun, tatkala anak telah mampu membedakan baik-buruk, maka perjalanan anak manusia akan berpindah ke masa amrad pada usia 10-15 tahun. Pada masa ini anak memerlukan pengembangan segala potensi dirinya untuk mencapai kedewasaan dan kemampuan bertanggung jawab secara penuh terhadap ibadah, muamalah, munakahah, dan jinayah (peradilan) pada akhir masa remaja (taklif).
SMP Hikmah Teladan hadir dengan hidden curriculum ”Aku Adalah Pemimpin!”, yang membekali siswa dengan latihan dan kepercayaan, dorongan, peluang, dan ketersediaan ruang yang memungkinkan anak kelak mencapai derajat taklif.
Untuk memperkuat penyampaian konsep, pendekatan siswa di SMP Hikmah Teladan akan diselaraskan dengan karakteristik anak usia remaja dan kemampuan intelektualnya yang telah memasuki fase operasional formal.

B. Visi SMP Hikmah Teladan

"Menjadi sekolah terdepan dalam menciptakan lingkungan yang memfasilitasi siswa untuk mencapai derajat taklif"


C. Misi SMP Hikmah Teladan
  • Membekali dan memberi pemahaman kepada siswa terhadap tuntunan-tuntunan Islam untuk mencapai derajat taklif.
  • Memberikan latihan dan kepercayaan, dorongan, peluang, dan ketersediaan ruang untuk menumbuh-kembangkan jiwa kepemimpinan serta kecakapan-kecakapan sosial yang diperlukan untuk mengaktualkan diri sebagai khalifah di muka bumi.
  • “Aku Adalah Pemimpin!” merupakan motto sekolah, sekaligus sebagai ruh/pesan moral dari seluruh program/kegiatan sekolah. 
  • Melakukan pendekatan yang selaras dengan fase remaja adalah pendekatan yang kami lakukan untuk menciptakan interaksi yang memanusiakan siswa. 
  • Mengoptimalkan eksplorasi pembelajaran yang mengakomodasi perkembangan kognitif siswa yang berada dalam tahapan operasional formal berdasarkan teori Piaget. 
  • Memahami keragaman siswa dengan membentuk lingkungan yang menghargai minat, bakat, kebutuhan, dan kekhususan siswa.