A. Konsep
Setelah
melalui masa kanak-kanak yang ditandai tahap perkembangan tamyiz pada
usia 7-10 tahun, tatkala
anak telah mampu membedakan baik-buruk, maka perjalanan
anak manusia akan berpindah ke masa amrad
pada usia 10-15 tahun. Pada
masa ini anak memerlukan pengembangan segala potensi dirinya untuk mencapai
kedewasaan dan kemampuan bertanggung jawab secara penuh terhadap
ibadah, muamalah, munakahah, dan jinayah (peradilan) pada akhir masa
remaja (taklif).
SMP
Hikmah Teladan hadir dengan hidden
curriculum ”Aku Adalah Pemimpin!”, yang
membekali siswa dengan latihan dan kepercayaan, dorongan, peluang, dan
ketersediaan ruang yang memungkinkan anak kelak mencapai derajat taklif.
Untuk
memperkuat penyampaian konsep, pendekatan siswa di SMP Hikmah Teladan
akan diselaraskan dengan karakteristik anak usia remaja dan kemampuan
intelektualnya yang telah memasuki fase operasional formal.
B. Visi SMP Hikmah Teladan
"Menjadi sekolah terdepan dalam menciptakan lingkungan yang memfasilitasi siswa untuk mencapai derajat taklif"
C. Misi SMP Hikmah Teladan
- Membekali dan memberi pemahaman kepada siswa terhadap tuntunan-tuntunan Islam untuk mencapai derajat taklif.
- Memberikan latihan dan kepercayaan, dorongan, peluang, dan ketersediaan ruang untuk menumbuh-kembangkan jiwa kepemimpinan serta kecakapan-kecakapan sosial yang diperlukan untuk mengaktualkan diri sebagai khalifah di muka bumi.
- “Aku Adalah Pemimpin!” merupakan motto sekolah, sekaligus sebagai ruh/pesan moral dari seluruh program/kegiatan sekolah.
- Melakukan pendekatan yang selaras dengan fase remaja adalah pendekatan yang kami lakukan untuk menciptakan interaksi yang memanusiakan siswa.
- Mengoptimalkan eksplorasi pembelajaran yang mengakomodasi perkembangan kognitif siswa yang berada dalam tahapan operasional formal berdasarkan teori Piaget.
- Memahami keragaman siswa dengan membentuk lingkungan yang menghargai minat, bakat, kebutuhan, dan kekhususan siswa.