Program Unggulan

MOTEKAR
Pembekalan materi yang berkait dengan kemampuan kepemimpinan dan pembelajaran yang diberikan pada awal tahun ajaran bagi seluruh siswa.

CURHAT REMAJA
Memasuki masa remaja, anak akan menemukan banyak hal yang tak ia ketahui jawabannya. Itu sebabnya, SMP HT merasa perlu memberi ruang khusus ”curhat remaja” secara reguler.

FORUM CIVITAS
Sistem kontrol budaya sekolah di SMP HT didesain dengan melibatkan siswa. Tak hanya itu, forum ini juga menjadi media pelibatan siswa dalam pengambilan keputusan sekolah dan pemantapan organisasi peguyupan siswa.

REWARD SISWA
Untuk mematangkan peran anak sebagai pemimpin, maka bentuk reward siswa di SMP HT didesain dengan memandang siswa sebagai subyek yang mampu menjadi pemimpin. Maka, reward semacam pelibatan siswa sebagai subyek dalam berbagai kegiatan dan kebijakan sekolah menjadi hadiah yang berharga.

KAJIAN MENUJU TAKLIF
Berbagai bekal keagamaan menuju taklif, seperti pengenalan etika dan hukum halal-haram secara komprehensif dalam Islam, akan diberikan pada program ini.

PERFORMA MANDIRI
Membangun kepemimpinan menyaratkan adanya latihan dan kepercayaan, dorongan, peluang, serta ketersediaan ruang. SMP HT memberikan kebebasan secara mandiri kepada siswa untuk mengisi jam pelajaran Seni dan Budaya secara mandiri dengan tanggung jawab menampilkan performa seni dan budaya secara berkala di dalam event upacara khas, hari pemimpin, sundanese event, dan performa tengah/akhir semester.

PENGENALAN PERAN SOSIAL/KOMUNITAS
Untuk dapat mencapai peran sebagai penggubah kehidupan (khalifah), tak cukup sekedar berbekal kepandaian akademis. Kemampuan sosial memiliki peran sentral dalam pengaktualan diri seseorang. SMP HT memfasilitasi siswa untuk berperan aktif secara sosial, antara lain dengan mendorong siswa untuk terlibat dalam berbagai komunitas sosial.

MY PROJECT AND MY PRESENTATION
Penilaian hasil belajar siswa berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligences) di SMP HT diterjemahkan dengan mempersilakan siswa menunjukkan penguasaan kompetensi pembelajarannya dalam bentuk produk unjuk kerja (proyek) dan presentasi.

BERPIKIR ALA BLOOM
Ulangan di SMP HT tak hanya menyajikan soal ulangan yang mudah, yang jawaban instant-nya ada di buku. Guru dituntut untuk membuat soal analisis, bahkan sintesis, dengan menjadikan informasi di dalam buku sebagai pijakan untuk memperkuat ranah kognisi siswa ke tingkat yang lebih tinggi berdasarkan tangga berpikir Bloom.

0 komentar:

Posting Komentar