MOTEKAR
Pembekalan
materi yang berkait dengan kemampuan kepemimpinan dan pembelajaran yang
diberikan pada awal tahun ajaran bagi seluruh siswa.
CURHAT REMAJA
Memasuki
masa remaja, anak akan menemukan banyak hal yang tak ia ketahui
jawabannya. Itu sebabnya, SMP HT merasa perlu memberi ruang khusus ”curhat
remaja” secara reguler.
FORUM CIVITAS
Sistem
kontrol budaya sekolah di SMP HT didesain dengan melibatkan siswa.
Tak hanya itu, forum ini juga menjadi media pelibatan siswa dalam pengambilan
keputusan sekolah dan pemantapan organisasi peguyupan siswa.
REWARD SISWA
Untuk
mematangkan peran anak sebagai pemimpin, maka bentuk reward siswa
di SMP HT didesain dengan memandang siswa sebagai subyek yang mampu
menjadi pemimpin. Maka, reward semacam pelibatan siswa sebagai subyek
dalam berbagai kegiatan dan kebijakan sekolah menjadi hadiah yang berharga.
KAJIAN MENUJU TAKLIF
Berbagai
bekal keagamaan menuju taklif, seperti pengenalan etika dan hukum halal-haram
secara komprehensif dalam Islam, akan diberikan pada program ini.
PERFORMA MANDIRI
Membangun
kepemimpinan menyaratkan adanya latihan dan kepercayaan, dorongan,
peluang, serta ketersediaan ruang. SMP HT memberikan kebebasan secara
mandiri kepada siswa untuk mengisi jam pelajaran Seni dan Budaya secara
mandiri dengan tanggung jawab menampilkan performa seni dan budaya
secara berkala di dalam event upacara khas, hari pemimpin, sundanese event, dan performa tengah/akhir semester.
PENGENALAN PERAN SOSIAL/KOMUNITAS
Untuk
dapat mencapai peran sebagai penggubah kehidupan (khalifah), tak cukup
sekedar berbekal kepandaian akademis. Kemampuan sosial memiliki peran
sentral dalam pengaktualan diri seseorang. SMP HT memfasilitasi siswa untuk
berperan aktif secara sosial, antara lain dengan mendorong siswa untuk terlibat
dalam berbagai komunitas sosial.
MY PROJECT AND MY PRESENTATION
Penilaian
hasil belajar siswa berbasis kecerdasan majemuk (multiple intelligences) di SMP HT
diterjemahkan dengan mempersilakan siswa menunjukkan
penguasaan kompetensi pembelajarannya dalam bentuk produk unjuk
kerja (proyek) dan presentasi.
BERPIKIR ALA BLOOM
Ulangan
di SMP HT tak hanya menyajikan soal ulangan yang mudah, yang jawaban
instant-nya ada di buku. Guru dituntut untuk membuat soal analisis, bahkan
sintesis, dengan menjadikan informasi di dalam buku sebagai pijakan untuk
memperkuat ranah kognisi siswa ke tingkat yang lebih tinggi berdasarkan tangga
berpikir Bloom.
0 komentar:
Posting Komentar